• Bahasa

Wabup Garut Berharap Rempah-Rempah Jadi Cara Agar Indonesia Lebih Dikenal Oleh Dunia

19 Mar 2022 Hanapi 613

GARUT, Tarogong Kaler - Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, berharap, melalui rempah-rempah bisa menjadi salah satu cara agar Indonesia lebih dikenal oleh dunia.

"Juga saya ini sangat berkesan sekali dengan acara ini, karena acara ini bisa dijadikan kita menjadi negara yang dikenal paling maju dan sejahtera di dunia insya Allah, Aamiin," kata dr. Helmi di hadapan peserta acara Sosialisasi Bumi Rempah Nusantara Untuk Dunia, yang digagas oleh Direktorat Pelindungan Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia, bekerja sama dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, yang dihelat di Ballroom Hotel Harmoni, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Sabtu (19/3/2022).



Wabup berharap melalui rempah-rempah ini pula, bisa menjadi salah satu cara dalam menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Garut, rerlebih, akibar pandemi Covid-19 angka kemiskinan di daerahnya kembali ke angka dua digit atau tepatnya di angka 10.6 persen.

"Ternyata memang kemiskinan ini adalah sesuatu yang harus kita fokus untuk penyelesaiannnya secara bersama-sama, dan tentu kita harus ada sektor yang betul-betul bisa menjadikan kemiskinan ini berkurang, yaitu sektor pertanian, dan sektor pertanian tentu yang harganya cukup bagus, cukup mahal yaitu rempah-rempah," harapnya.



Dalam sambutannya, Wabup Garut  mengapresiasi acara ini, apalagi Kabupaten Garut merupakan salah satu daerah yang kaya akan rempah-rempah.

"Kita memang kaya dengan rempah-rempah, oleh karena itu saya memberikan apresiasi sebagai Wakil Bupati Garut, disamping saya memberikan ucapan selamat datang kepada Bapak Dewan (Ferdiabsyah, Anggota Komisi X DPR RI), Kepada Ibu Direktur (Dirjen Kebudayaan)di Kabupaten Garut, (juga) kepada narasumber kepada bapak ibu sekalian," kata Wabup Garut.



Sementara itu, Direktur Pelindungan Kebudayaan, Kemendikbudristek RI, Irini Dewi Wanti, menuturkan, di tahun 2024 pihaknya berencana akan mengusulkan jalur rempah sebagai salah satu warisan budaya yang diakui oleh UNESCO.

"Saya sampaikan bahwa Indonesia rencananya melalui Kemendikbudristek di tahun 2024 itu, kita ingin mengusulkan jalur rempah sebagai salah satu jalur dunia yang tentunya diakui sebagai salah satu warisan budaya oleh UNESCO seperti itu," tuturnya.

Di tempat yang sama,  Anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah, menjelaskan bahwa ada empat pilar pemajuan kebudayaan, yaitu pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan.



Berkaitan dengan jalur rempah ini, ia memaparkan, bahwa tujuan lain menghidupkan jalur ini adalah untuk mengingatkan kembali kepada generasi muda tentang bagaimana jalur rempah membentuk bangsa, negara dan peradaban manusia.

"Bukan (berarti) untuk terjebak dalam romantisme sejarah, (akan tetapi) menghidupkan jalur rempah pada saat ini, kita maknai sebagai revitalisasi nilai budaya rempah dan bagaimana memanfaatkannya pada masa kini dan masa depan." tandasnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT