• Bahasa

Wabup Garut Serahkan Bantuan Perbaikan Rutilahu di Kelurahan Cimuncang

23 Sep 2021 Hanapi 1122

GARUT, Garut Kota - Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, mendatangi  penerima bantuan untuk perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) yang berlokasi di Kampung Cibening Lebak, Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (23/9/2021).

Wabup Garut mengatakan, perbaikan rutilahu ini merupakan salah satu bagian dari program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di Kabupaten Garut.

"Ini kan ada program P2WKSS, program P2WKSS itu ada bantuan Rutilahu (atau) Rumah Tidak Layak Huni, memang di sini banyak rumah yang diajukan, dan pemerintah melalui BJB adalah pada hari ini memberikan bantuan untuk Rutilahu," ujar Wabup Garut.



Ia mengungkapkan, selain masih adanya rutilahu, di tempat yang ia kunjungi juga, terdapat tempat ibadah atau mushola yang kurang layak.

"Kemudian juga kita lihat mesjid (atau) mushola juga sama tidak layak, ini yang sedang kita pikirkan mudah-mudahan ini segera dibangun," ungkapnya.



Saat melakukan kunjungan ke Kelurahan Cimuncang, Wabup Garut menyempatkan untuk menyapa langsung warga sekitar, dan pada kesempatan tersebut ia menemukan salah satu warganya yang betul-betul tidak mampu, namun belum mendapatkan bantuan.

"Saya tadi instruksikan agar ini segera dimasukkan kedalam basic data terpadu (atau) BDT, sehingga (bisa segera) mendapatkan bantuan BPNT," kata dr. Helmi.



Sementara itu, Kepala Bank BJB  Cabang Garut, Maman Rukmana, mengungkapkan bahwa program _Corporate Social Responsibilty_ (CSR) dari BJB, sebagian besar disalurkan untuk program bantuan perbaikan Rutilahu di Kabupaten Garut. Sementara, untuk Kelurahan Cimuncang sendiri, pihaknya memberikan bantuan sekitar 50 juta rupiah.

"Setiap tahun rata-rata kan dibagi-bagi ya 25an (se-Kabupaten Garut) kali sekian tahun berarti kalau lima tahun aja berapa, rencananya (bantuan Rutilahu di Kelurahan Cimuncang) tadi kan asalnya dua (Rutilahu), tapikan arahan Pak Wakil Bupati tadi jadi dibagi tiga termasuk tadi untuk mushola sebelumnya untuk MCK juga ada disitu, total (anggarannya) 50 juta dengan MCK." tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT