• Bahasa

Wakil Bupati Garut Dorong Kader Pemuda Muslimin Untuk Membangun Kesatuan Demi Kesejahteraan Indonesia

22 Sep 2023 Hanapi 337

GARUT, Tarogong Kidul - Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, turut serta dalam acara Marhalah Ula yang menjadi bagian dari pembukaan Kaderisasi Pimpinan Cabang Pemuda Muslimin. Kegiatan ini berlangsung di Local Educational Center (LEC), Jalan Guntur Sari, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jumat (22/9/2023).

Dalam sambutannya, Wabup Garut mengharapkan agar para kader Pemuda Muslimin mampu menjadi pionir yang siap bergerak bersama demi mewujudkan Indonesia yang sejahtera.

"Allah sangat cinta, sangat menyukai, siapa kita yang berbaris, yang membangun saf dan kita berkumpul dalam Marhalah Ula salah satunya adalah membangun shaf, membangun barisan, barisan anak muda," ucap Wabup Garut.



Lebih lanjut, ia menekankan bahwa mempersiapkan generasi muda adalah suatu keharusan mengingat pada tahun 2045, Indonesia diharapkan dapat memimpin dunia.

"Indonesia akan masuk 5 besar paling tidak, kalau urutan 5, 4, 3,  2, atau 1. Kita ini punya kesempatan 2045, setelah Indonesia merdeka tahun 1945, 100 tahun kita membangun dan 100 tahun itu kita persiapkan bahwa kita harus memimpin dunia," lanjutnya.

Helmi juga mengingatkan pentingnya menjaga dan mendidik generasi muda sesuai dengan semangat yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang 1945. Salah satu tujuan negara adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, di mana tugas pemerintah dan rakyat adalah melindungi keutuhan bangsa ini.

"Kemudian yang kedua adalah, mencerdaskan kehidupan bangsa. Membuat bangsa ini cerdas, pintar, cuman sayang rata-rata pendidikan bangsa kita itu masih rendah. Kita di Kabupaten Garut masih 7,8 tahun pak, kita masih SMP Kelas 2 rata-rata pendidikan kita," katanya.



Sementara itu, Ketua PC Pemuda Muslimin Kabupaten Garut, Abdul Ahyanudin, menjelaskan bahwa kegiatan Marhalah Ula ini diadakan sesuai dengan ajaran dari Ibnu Malik. Tujuannya adalah memberikan semangat dan motivasi akan eksistensi dan pola gerak para pemuda di Indonesia khususnya di Kabupaten Garut.

"Bahwasanya terkadang kita terjebak dalam romantisme sejarah kebesaran founding kader kita Cokroaminoto, bagaimana mungkin kita bisa nanti mengimplementasikan gerakan ini menjadi sebuah perjuangan yang kontributif," ucapnya.

Ahyanudin menegaskan bahwa keyakinan yang kuat akan mendorong seseorang untuk bergerak dan berkorban demi tujuan yang diemban.

"Kita perlu memenuhi kebutuhan ini melalui pengembangan organisasi. Ini termasuk dalam PD/PRT organisasi. Meskipun dengan keterbatasan sumber daya dan anggaran, kita bertekad untuk senantiasa melaksanakan kegiatan kaderisasi," tandasnya.

Acara ini diikuti oleh 28 Pimpinan Anak Cabang (PAC) yang tersebar di Kabupaten Garut, dengan masing-masing PAC mengirimkan 3-5 utusan.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT