• Bahasa

30 Peserta Praktikkan Membatik di Pelatihan Vokasional Membatik Tingkat Dasar

9 Mar 2021 Hanapi 654

GARUT, Tarogong Kidul – Pelatihan Vokasional Membatik Tingkat Dasar hari kedua yang diselerenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda ) Garut dan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Garut (Diskop UKM) Garut di Bukit Alamanda Resort, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (9/3/2021), memasuki kegiatan praktik membatik.

Kasi (Kepala Seksi) Promosi dan Kemitraan Usaha Koperasi dan Usaha Kecil Mikro pada Diskop UKM Kabupaten Garut, Yadi Arriyadi.


Yadi berharap pelatihan ini dapat melahirkan wirausaha baru di bidang kerajinan. Pelatihan ini dihadirkan sebagai upaya untuk melestarikan warisan leluhur yaitu Batik Garutan, di mana saat ini perajin Batik Garutan jumlahnya semakin menipis, sehingga perlu dilakukan regenerasi. Maka dari itu, tidak cukup hanya pelatihan tingkat dasar saja, Yadi berharap dapat dilaksankan juga pelatihan tingkat lanjutan.

“Jadi harapan kami dengan Koperasi dan UKM dan tentunya Dekranasda Kabupaten Garut, pelatihan ini dapat melahirkan wirausaha atau wirausaha pemula dibidang kriya atau kerajinan membatik. Selain itu, pelatihan ini memang sebagai salah satu upaya untuk melestarikan kerajinan Batik Garutan yang merupakan warisan leluhur anak-anak kita di Garut. Karena pada saat ini pengrajin batik khusunya jumlahnya sudah semakin terbatas dan kiranya perlu dilakukan regenerasi dari kalangan millenial. Oleh karena itu sebagian dari peserta pelatihan yang 30 orang ini berasal dari anak-anak SMK seperti itu,” ungkap Yadi.



Yadi menilai, antusias dari peserta cukup tinggi, terlihat dari peserta yang disiplin mengikuti acara dari awal hingga selesai.

“Kami rasa  dalam peserta yang dilaksanakan hari ini peserta antusias, dari hari pertama semenjak pembukaan, dari absensi yang dilihat secara lengkap Alhamdulillah semuanya datang dan dapat mengikuti program pelatihan dari awal sampai dengan selesai,” ungkap Yadi.



Sementara itu, salah satu peserta bernama  Yani (55) mengungkapkan rasa senang, dan berharap bisa mendapat peluang usaha batik setelah mengikuti pelatihan ini.

“Ibu sangat senang, menambah pengalaman, menambah ilmu siapa tau ibu hisa mengerjakannya sendiri di rumah. Harapan kedepannya ya ingin lebih baik lagi supaya ibu bisa mandiri ikut usaha jualan batik,” ungkap Yani.



Sedangkan Karenita (17) peserta perwakilan dari siswa SMK jurusan Tata Boga menuturkan mengalami kendala dalam pembuatan Batik Garutan karena belum terbiasa. “Pasti ada kendala, karena saya tidak terlalu punya skill dalam hal membatik,” pungkasnya.

Untuk menunjang pelatihan ini, penyelenggara menyediakan peralatan sesuai standar untuk membatik tingkat dasar, seperti kain untuk membatik, canting, serta kompor gas untuk menghangatkan malam.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT