• Bahasa

BPBD Kabupaten Garut Gelar Acara Peningkatan Kapasitas TRC PB

26 Jun 2023 Hanapi 390

GARUT, Tarogong Kaler - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut menggelar acara Peningkatan Kapasitas Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC PB) Kabupaten Garut Tahun 2023, berlangsung  di Markas Komando Korps Bela Negara, Jalan Otto Iskandar Dinata, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Senin (26/06/2023).

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Garut, Satria Budi, menyampaikan, kegiatan selama dua hari ini dilaksanakan dalam rangka mempercepat dan koordinasi bilamana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau bencana.



Mengingat beberapa orang dari TRC PB ini mengalami rotasi-mutasi, imbuhnya, maka melalui kegiatan ini dalam rangka mengulas kembali langkah-langkah percepatan tanggap darurat, agar ketika keadaan tanggap darurat kebutuhan apa saja yang yang dibutuhkan bisa cepat dilayani oleh TRC PB. Untuk itu, Satria Budi berharap setelah kegiatan, dengan dibentuknya Tim Reaksi Cepat ini mempercepat pelayanan kebencanaan di Kabupaten Garut.

"Terutama dalam upaya melakukan langkah-langkah percepatan penghitungan kebutuhan masyarakat yang terkena bencana," ujarnya.



Selain itu, imbuhnya, dalam waktu dekat pihaknya akan menambah infrastruktur komunikasi yaitu membangun  repeater untuk bisa mempercepat komunikasi dan koordinasi, karena melalui alat tersebut satu kali bicara atau satu kali komando akan bisa terdengar oleh beberapa orang.

"Dengan dana APBD, yang kita buat yang satu berada di lokasinya di Desa Pesawahan, kedua rencana yang dari bantuan provinsi kita akan tempatkan di Bojong untuk meng-cover wilayah selatan," ucapnya.



Pihaknya berharap dengan bantuan repeater ini bisa memfasilitasi komunikasi dan mempercepat pelayanan.

Kegiatan Pengembangan Kapasitas TRC PB ini membahas tentang kebijakan dan langkah-langkah dalam pengkoordinasian semua anggota TRC dalam Manajemen Pengolahan Data, serta Manajemen Penanggulangan Darurat Bencana, dan diakhiri dengan simulasi rapat koordinasi TRC PB dalam penentuan status Tanggap Darurat Bencana.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT