• Bahasa

Diskominfo Garut Gelar Webinar Keamanan Informasi

18 Apr 2023 Hanapi 374

GARUT, Tarogong Kidul - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, menyelenggarakan Webinar Gesrek Kami yang berakronim Garut Seputar Keamanan Informasi, yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi telekonferensi Zoom Meeting, Selasa (18/04/2023).

"Jadi di sini kita mengadakan seminar secara zoom terkait bagaimana memberikan kesadaran keamanan informasi, bagaimana mengedukasi memberikan pemahaman ke setiap perangkat daerah baik SKPD, kecamatan, kelurahan, Puskesmas, kita harus punya _aware_ harus punya kesadaran terhadap keamanan informasi tersebut," ujar Kepala Bidang Persandian dan Keamanan Informasi (Sandi Kami) Diskominfo Kabupaten Garut, Ahmad Hasyim, di Gedung Public Information Center (PIC) Diskominfo Kabupaten Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (18/04/2023).



Kegiatan ini diikuti 70 orang perwakilan dari kecamatan, kelurahan, desa, hingga pegawai Puskesmas yang ada di lingkungan Pemkab Garut. Dalam kesempatan ini, dihadirkan pemateri dari Diskominfo Provinsi Jawa Barat yakni Kepala Seksi Layanan Keamanan Informasi Bidang Sandi Kami, Asep Denny Surbakti.

Melalui webinar ini, imbuh Hasyim, ada beberapa output yang ingin dicapai yaitu adanya aware atau rasa sadar untuk menjaga keamanan informasi, tertib dalam menggunakan media siber, hingga instansi yang ada di lingkungan Pemkab Garut harus benar-benar menerapkan standar keamanan informasi yang ditentukan.

"Sehingga kalau bisa kita terapkan (atau) meng-ISO-kan ya jadi di sini ISO 27001, di situ ada beberapa komponen beberapa klausul bagaimana supaya sistem elektronik kita itu benar-benar secure atau aman, karena dalam sistem elektronik itu tidak ada 100% benar-benar aman, jadi kita harus seoptimal mungkin menjaga keamanan informasi atau menjaga sistem elektronik itu, sehingga benar-benar lebih aman," imbuhnya.



Hasyim memaparkan, tindaklanjut dari kegiatan ini, pihaknya akan meningkatkan kualitas maupun kuantitas dalam menjaga sistem elektronik yang ada di data center Pemkab Garut hingga meningkatkan regulasi yang dibuat oleh pihaknya, agar bisa menjadi payung hukum dalam menjaga keamanan informasi.

"Yang keduanya dari setiap SKPD perangkat daerah itu lebih aware lagi lebih paham lagi, bagaimana Pentingnya menjaga keamanan informasi, karena kalau kita udah sekali men-share dalam dunia cyber ini kita tidak akan mungkin bisa menghilangkan data-data yang telah kita upload dalam suatu sistem cyber," tandasnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT