• Bahasa

Gentra Karya Job Fair 2.0 2023 Sukses Digelar Di Garut

25 Jun 2023 Hanapi 420

GARUT, Garut Kota - Gentra Karya Job Fair 2.0 2023 sukses digelar oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Garut selama dua hari dari tanggal 24 sampai 25 Juni 2023 di Gedung Pendopo Kabupaten Garut. Sebanyak 5.053 Pencari Kerja (Pencaker) dan 20 perusahaan manfaatkan job fair kali ini.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Kerja Disnakertrans Garut, Rahany Eka Pratiwi, beberapa perusahaan yang kali ini hadir menyambut baik dan sangat excited dengan hadirnya Gentra Karya Job Fair 2.0 ini sebagai ajang atau arena untuk mempertemukan pencari kerja dan perusahaan.



"Dalam arti perusahaan tidak langsung harus turun ke pencari kerja, dan pencari kerja tidak harus mencari ke perusahaan-perusahaan," ujar Rahani dalam keterangannya seusai pelaksanaan Gentra Karya Job Fair 2.0 2023, Minggu (25/06/2023).

Rahani memaparkan jika di tahun ini akan ada sekali lagi job fair diselenggarakan oleh Disnakertrans Garut, dengan harapan mampu menyerap banyak tenaga kerja di Kabupaten Garut, meski kali ini yang dibutuhkan lulusan SLTA



"Mungkin ke depan mohon bisa memberikan lowongan kerja untuk tingkatan sarjana dari S1," harapnya.

Adapun bagi perusahaan yang belum bisa terakomodir di job fair kali ini, ia menyarankan agar pihak perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan bisa menghubungi Disnakertrans Kabupaten Garut.



Sementara itu, Human Capital Business Partner (HCBP) Specialist Sehati Group, Ardi Achmad F, menuturkan jika Gentra Karya Job Fair ini merupakan program yang sangat bagus, karena menurutnya kegiatan ini sangat berarti bagi para pencaker khususnya yang baru lulus dari sekolah ataupun dari universitas, sehingga kegiatan ini menjadi wadah tersendiri untuk menampung para pencari kerja tadi.

Selama 2 hari membuka stand di job fair ini, imbuh Ardi, ada sekitar 150 pelamar yang melamar ke Sehati Group dan ia menilai antusias peserta terkait job fair ini sangat bagus, bahkan melebihi ekspetasi dari pihaknya.



"Untuk di job fair kali ini kita membuka beberapa bagian yang pertama mungkin ada di product consultant, kemudian visual merchandise dan desain grafis, kemudian ada tekniknis audio video, dan teknisi home appliance," imbuhnya.

Di tempat yang sama, salah satu pencaker yang hadir di Gentra Karya Job Fair 2.0 2023, Virgin Jannata (27), mengatakan jika job fair ini sangat membantu masyarakat, terlebih, saat ini mencari kerja menurutnya bisa dikatakan susah.



"Dengan adanya job fair ini menurut saya ini sangat membantu, dan untuk saya pribadi sih saya sangat tertolong ya karena memang jadi nggak perlu cari-cari pekerjaan lagi karena memang di sini beberapa perusahaan ada di job fair," kata Virgin.

Virgin yang juga seorang lulusan S-1 Ilmu Komunikasi di Telkom University, memaparkan, dalam Gentra Karya Job Fair ini dirinya melamar ke beberapa perusahaan seperti PT. Pharos Group dan PT. Kaldu Sari Nabati Indonesia.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT