• Bahasa

Peluncuran Aplikasi OpenSRP Dan Digitalisasi Kunjungan Rumah Membuka Era Baru Pelayanan Kesehatan Primer Di Garut

8 Feb 2024 Hanapi 149

GARUT, Tarogong Kaler - Summit Institute for Development (SID) bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Garut menggelar acara peluncuran Aplikasi Open Smart Register Platform (OpenSRP) dan Digitalisasi Kunjungan Rumah. Aplikasi ini dipandang sebagai terobosan baru dalam pelayanan kesehatan primer. OpenSRP merupakan sebuah platform sumber terbuka dan bebas biaya.

Acara peluncuran ini dihadiri oleh Yuni Dwi Setyawati, CEO Summit Institute for Development (SID), Ferdinand Laihad, Senior Advisor SID, Tri Cahyo Nugroho, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya pada Rabu,(7/2/2024)



Menurut Yuni Dwi Setyawati, OpenSRP adalah platform sumber terbuka yang dapat diadopsi oleh siapa saja secara bebas dan tanpa biaya, sehingga memungkinkan pengembangan sistem kesehatan global yang berdampak lokal.

"OpenSRP adalah platform yang bisa diadopsi oleh Bapak dan Ibu. Jadi kalau mau dibuat aplikasi untuk digitalisasi, itu tersedia secara bebas, bisa dibuat dan tanpa biaya," ujarnya.



Sementara itu Ferdinand Laihad selaku Senior Advisor SID, menjelaskan bahwa fokus utama dalam pertemuan ini adalah dua hal yaitu, layanan Integrasi Layanan Primer (ILP) dan transformasi teknologi kesehatan melalui digitalisasi.

Tri Cahyo Nugroho, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, menyambut baik peluncuran Aplikasi OpenSRP dan digitalisasi kunjungan rumah di Garut.

"Jadi memang sekarang itu Kabupaten Garut sedang melaksanakan Integrasi Layanan Kesehatan Primer. Mungkin kita satu-satunya Kabupaten/Kota yang semua Puskesmasnya akan dilaksanakan implementasi ILP," kata Tri Cahyo.



Tri juga mengucapkan terima kasih kepada SID yang telah memfasilitasi peluncuran Aplikasi OpenSRP dan berharap dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Garut.

"Terima kasih untuk SID yang sudah memfasilitasi kegiatan ini dan tentunya kita ingin derajat kesehatan masyarakat Garut lebih meningkat lagi," tambahnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT