• Bahasa

Perkenalkan Museum RAA Adiwijaya, Disparbud Garut Gelar Lomba Cerdas Cermat Tingkat SD Dan SMP

24 Jun 2023 Hanapi 423

GARUT, Garut Kota - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut melalui UPTD Museum RAA Adiwijaya menggelar kegiatan Cerdas Cermat Tingkat SD/MI & SMP/Mts dalam rangka International Museum Day atau Hari Museum Internasional yang dilaksanakan di Gedung Bale Paminton, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (22/6/2023).

Lomba cerdas cermat ini dibuka secara resmi oleh Kepala Disparbud Garut, Agus Ismail, diikuti 20 sekolah di Kabupaten Garut terdiri dari 7 SD/MI dan 13 SMP/MTs.



Menurut Kadisparbud Garut, lomba cerdas cermat ini adalah salah satu upaya untuk menyosialisasikan atau menginformasikan keberadaan museum serta pentingnya sebuah museum, apalagi museum ini sendiri punya peran penting yang luar biasa, selain konteks sebagai tempat untuk mengoleksi benda-benda sejarah, tapi juga bisa menjadi tempat edukasi, inspirasi.

"Harapannya bahwa museum lebih dikenal juga oleh anak-anak kita," ucapnya.



Agis - sapaan akrab Kadisparbud, menerangkan, di era digitalisasi saat ini sudah banyak masyarakat yang mulai meninggalkan museum dan lebih tertarik untuk mencari informasi melalui internet. Agus mengatakan, ketika berbicara sejarah maka hal yang paling penting adalah konteks secara faktual, di mana tidak sedikit informasi yang disajikan di internet tidak dapat diketahui kebenarannya.

"Sejauh mana tingkat keasliannya, sejauh mana juga  kebenaran data dan faktanya, sehingga keberadaan museum ini sangat penting dan harus terus dikembangkan," katanya.



Ia berharap, ke depannya pihaknya bisa menyelenggarakan lagi kegiatan ini dengan peserta yang lebih banyak, terlebih Kabupaten Garut sendiri memiliki banyak sekolah SD maupun SMP.

"Ya output-nya adalah bahwa anak-anak kita itu bisa mengenal lebih jauh terkait dengan museum itu sendiri, bagaimana keberadaan sejarahnya, budayanya dan sebagainya," tuturnya.



Ia mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya para peserta didik di Kabupaten Garut untuk berkunjung ke Museum RAA Adiwijaya yang saat ini berlokasi di Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, guna mendapatkan beberapa informasi mengenai sejarah yang ada di Kabupaten Garut.

"Untuk bisa dapat melihat fakta sejarah, dan kita bisa mencintai museum, bahwa museum itu bagian daripada sejarah kita. Bagian dari perjalanan hidup seorang anak bangsa," tandasnya.



Adapun untuk hasil dari LCC ini di antaranya untuk tingkat SD/MI yaitu Juara 1 diraih oleh SD Kartika Siliwangi yang mendapatkan Piala Bergilir Bupati Garut, Juara 2 diraih oleh SDN 10 Regol, Juara 3 diraih oleh MIN 3 Garut.

Sementara untuk tingkat SMP/MTs, Juara 1 diraih oleh SMPN 2 Garut yang mendapatkan Piala Bergilir Bupati Garut, Juara 2 diraih oleh SMPN 1 Cibatu, dan Juara 3 diraih oleh SMPIT A)-Khoiriyyah.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT