• Bahasa

Rakor P2WKSS Tingkat Kabupaten Garut Dorong Perubahan Positif Di Desa Cipancar

7 May 2024 Hanapi 183

GARUT, Tarogong Kidul - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Garut menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS). Acara yang berlangsung di Aula Bangga Kencana, Tarogong Kidul, Garut, pada Selasa (7/5/2024) ini bertujuan menyiapkan Desa Cipancar, Kecamatan Leles, sebagai fokus binaan P2WKSS tahun ini. Rakor juga bertujuan mengubah kondisi awal Desa Cipancar yang masih kurang ideal  menjadi lebih baik

Kepala DPPKBPPPA, Yayan Waryana, menyoroti pentingnya partisipasi lintas sektor dalam mengatasi tantangan yang dihadapi Desa Cipancar, termasuk dalam hal pendidikan, kesehatan, sarana air bersih, dan peningkatan kualitas rumah hunian. Program P2WKSS, yang melibatkan kolaborasi dari berbagai pihak (pentahelix), diharapkan dapat menghasilkan perubahan yang signifikan dengan penilaian akhir yang dijadwalkan pada bulan November 2024.



“Jadi pentahelix itu bukan hanya sekadar peranan pemerintah tetapi bersama-sama stakeholder lainnya ada dunia usaha, ada dunia informasi, kemudian perguruan tinggi kita hadirkan ya pentahelik yang lima peran tadi,” tambahnya.

Salah satu langkah konkret yang diambil adalah memberikan edukasi tentang optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan kepada warga Desa Cipancar. Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian turut berperan aktif dalam memberikan bantuan dan pendampingan kepada masyarakat untuk meningkatkan produktivitas lahan mereka.



“Di situ nanti sudah kita lihat akan terjadi peningkatan dari pemanfaatan lahan pekarangan yang tadinya lahan yang tidak diberdayakan, tidak produktif, lahan tidur dan sebagainya kita nanti intervensI,” ungkapnya.

Yayan Waryana berharap hasil dari rakor ini dapat segera diwujudkan dalam bentuk implementasi program yang nyata oleh semua pihak terkait, seperti Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), sektor swasta, perguruan tinggi, dan media massa. Sinergi antara berbagai elemen masyarakat diharapkan dapat mendorong terciptanya perubahan positif yang berkelanjutan di Desa Cipancar, Kecamatan Leles, dan menjadi contoh inspiratif bagi daerah lain di Indonesia.



P2WKSS sendiri adalah salah satu bagian tugas dari DPPKBPPPA yang setiap tahunnya memilih salah satu desa binaan yang menjadi fokus kegiatan sebagai upaya peningkatan peran wanita di Kabupaten Garut.

Rakor yang melibatkan berbagai unsur ini membahas pula pentingnya upaya bersama dalam penanganan dan perbaikan yang serius dan bertanggung jawab dari berbagai pihak, mencakup beberapa aspek, mulai dari  pendidikan, kesehatan, sarana air bersih, dan rumah-rumah tidak layak huni.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT