• Bahasa

Upaya Penurunan Stunting, 191 Warga Kecamatan Mekarmukti Ikuti Gerakan B2SA Dan Workshop Gerakan Olahan Pangan Lokal

23 Jun 2023 Hanapi 370

GARUT, Mekarmukti - Dalam rangka memutus rantai stunting, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Garut melalui Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan (KP2) melaksanakan kegiatan Gerakan B2SA dan Workshop Gerakan Olahan Pangan Lokal yang dilaksanakan di Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut, Kamis (21/06/2023). Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan pola makan yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman.

Kegiatan ini dilaksanakan di 2 desa yang ada di Kecamatan Mekarmukti yaitu Desa Mekarmukti yang diikuti 62 balita dan ibu stunting dan di Desa Karangwangi yang diikuti 129 balita dan ibu stunting.

Kepala Bidang (Kabid) KP2 DKP Garut, Hari Wardhana, menyampaikan jika dalam kegiatan ini pihaknya berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti Puskesmas Mekarmukti dan juga pihak Kecamatan Mekarmukti.



Stunting sendiri, imbuh Hari, adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) sehingga anak terlalu pendek untuk usianya.

"Maka dari itu sangat penting untuk memutus rantai stunting dengan pemenuhan gizi pada 1000 HPK yang merupakan periode emas dengan sasaran anak usia 0-23 bulan dan balita stunting," imbuh dalam keterangan tertulisnya.



Ia juga memaparkan upaya pencegahan stunting melalui peran orang tua dalam stimulasi tumbuh kembang anak melalui proses pemberian makan dengan menu gizi seimbang. Sehingga, dalam kegiatan ini, pihaknya juga memberikan bantuan pangan untuk balita stunting berupa beras, susu, telur dan buah buahan.

"Prinsip Gizi Seimbang yaitu mengonsumsi makanan dengan beraneka ragam, pentingnya pola hidup aktif dan berolahraga, menjaga berat badan ideal dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat," tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT