• Bahasa

Vaksin Rotavirus Dan HPV Siap Diberikan, Dinkes Garut Tingkatkan Upaya Perlindungan Kesehatan Anak

1 Aug 2023 Hanapi 457

GARUT, Tarogong Kaler - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut melanjutkan rangkaian sosialisasi Vaksin Rotavirus (RV) dan Vaksin Human Papiloma Virus (HPV) dengan mengundang peserta dari berbagai sektor. Acara berlangsung di Aula Sabda Alam Resort Hotel, Jalan Raya Cipanas, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut pada Selasa (1/8/2023).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Garut, Asep Surachman, menyampaikan pentingnya sosialisasi ini kepada lintas sektor, termasuk Dinas Pendidikan Kabupaten Garut dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Garut, untuk menyamakan persepsi tentang pentingnya vaksinasi baru yang harus segera disosialisasikan kepada masyarakat.



Vaksin baru ini ditargetkan untuk anak-anak kelas 5 SD/MI sebagai sasaran utama, yang nantinya akan diberikan bersamaan dengan vaksin lainnya yang saat ini rutin diberikan di puskesmas dan rumah sakit.

Asep menjelaskan bahwa Vaksin RV akan diberikan sebanyak 3 kali pada bayi berusia 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan, sementara Vaksin HPV akan diberikan 2 kali pada siswa perempuan kelas 5 SD dan kembali diberikan saat anak tersebut duduk di kelas 6 SD. Pemberian vaksin ini bertujuan untuk mencegah diare pada balita dan mencegah kanker, terutama kanker serviks rahim.



"Anak usia kelas 5 baik di SD maupun di MI itu adalah salah satu sasaran kita kelas 5, nanti diulang lagi tahun depan kelas 6 ada di mereka, termasuk Dinas Sosial ada panti asuhan juga kan di situ. Nah itu juga sasaran kita untuk yang vaksin HPV," ujarnya.

Dengan peluncuran vaksin RV dan HPV ini, Dinkes Garut berharap dapat meningkatkan cakupan vaksinasi menjadi minimal 90% dari anak-anak, sesuai dengan target Kementerian Kesehatan.

Dalam waktu dekat, masyarakat Garut dapat menikmati manfaat dari vaksinasi baru ini, yang diharapkan dapat memberikan perlindungan optimal untuk anak-anak dalam menghadapi ancaman kesehatan tertentu.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT